Breaking News

Selasa, 21 April 2015

Sikap Forum Legislatif se Unnes dalam Launching Forum Legislator Muda (FLM)

DPM KM NEWS - Sabtu, (18/4) puluhan mahasiswa terlihat memenuhi pelataran gedung A3 Fakultas Ilmu Pendidikan sekitar pukul 09.00 WIB menghadiri undangan dari DPM KM Unnes dalam Forum Legislator Muda (FLM).

Agenda yang diselenggarakan oleh Komisi IV DPM KM Unnes ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada tanggal 5 Maret dalam silaturahmi DPM se Unnes yang di adakan komisi IV untuk mensosialisasikan kegiatan FLM ini. Dari pertemuan tersebut DPM se Unnes yang di hadiri ketua atau perwakilan DPM Fakultas se Unnes dan menyepakati di adakannya Forum ini karena merupakan langkah awal penyatuan ide dan gagasan kawan – kawan Legislatif se Unnes dalam sebuah forum, begitu tutur ichsan selaku ketua komisi IV.

Pelaksanaan perdana Forum Legislator Muda (FLM) jatuh pada Fakultas Ilmu Pendidikan setelah rekomendasi dari Ketua DPM KM Unnes Aziz Amrullah dan sekaligus Launching FLM dengan tema Diskusi “Pendidikan di Era MEA”, tambahnya.

Menurut Aziz, dalam diskusi FLM ini inshaAllah akan disinkronkan dengan kegiatan diskusi  mengenai tema yang serupa di Rapat Pimpinan Nasional 1 (RAPIMNAS) FL2MI bersama kawan – kawan Koordinator Wilayah se Indonesia yang akan diselenggarakan pada hari Jumat – Minggu, 24 -26 April 2015 di Universitas Negeri Semarang yang ada tahun ini menjadi tuan rumah.

“Forum Legislator Muda merupakan forum yang sangat luar biasa diskusinya begitu hidup dan kalau bisa diadakan dua minggu sekali saja” begitu ungkap salah seorang peserta kepada ketua Komisi IV setelah acara selesai.

Diskusi mengenai Pendidikan di Era MEA cukup menarik perhatian peserta yang terlihat dari antusiasnya dalam memberikan pertanyaan dan gagasannya menanggapi permasalahan yang terjadi seperti di ungkap oleh narasumber Eka Pala Suryana (Ketua Komisi Legislasi DPM KM Unnes tahun 2012) yang berbicara mengenai Pendidikan dan Muhammad ‘Ashim Adz-dhorif F (Anggota Senat UNDIP 2013 dan Ketua Fraksi Partai Garuda UNDIP) yang berbicara mengenai MEA yang di Moderatori oleh Ketua Komisi IV Muhammad Ichsan Nugroho.

“Diskusinya cukup menarik, namun harapannya dari problem yang telah kita paparkan bersama di forum ini mengenai MEA kalau bisa tidak hanya melihat dari sisi negatifnya saja. Saya mencoba melihatnya dari sisi positif bahwasanya MEA juga bisa kita manfaatkan untuk kemajuan bangsa Indonesia kedepan”, tutur eka mahasiswa TJP Unnes, saat memberikan pandangan di forum.

Di akhir diskusi yang memakan cukup banyak waktu tersebut Moderator menyimpulkan beberapa poin diskusi yang dapat di angkat dan merupakan sikap Forum Legislatif se Unnes ini untuk dapat  ditindak lanjuti sebagai bentuk Upaya dan Strategi bidang pendidikan dalam menghadapi MEA yang akan di buka pada akhir tahun 2015 ini yakni: (1) Mendukung pembangunan integratif, Komprehensif dan Aplikatif, (2) Melaksanakan amanat Konstitusi dengan baik khususnya UU No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan, (3) Mengefektifkan Pendidikan, Pelatihan Kewirausahan dan Softskill, (4) Meningkatkan Manajemen Sistem Pendidikan yang efektif efisien, (5) Optimalkan tekhnologi untuk menunjang Pendidikan, (6) Membuat peraturan mengenai batasan meliputi kuota perdagangan dan usaha, serta pembatasan tenaga kerja asing, (7) Pembatasan jumlah pendidik asing, (8) Penyaringan budaya asing agar tidak mengkontaminasi budaya Indonesia (9) Memberikan pencerdasan untuk persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih matang, (10) Tingkatkan usaha lokal agar mampu bersaing dan membuka diri, (11) Perlunya sosialisasi mengenai MEA, (12) Perkuat birokrasi untuk menghadapi MEA, (13) Pemerintah harus tegas mengenai peraturan untuk melindungi Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia.

Acara berakhir sekitar pukul 11.45 WIB dan foto bersama sebagai bentuk persatuan lembaga legislatif se Unnes dalam Forum Legislator Muda (FLM). “Terimakasih kepada kawan-kawan Komisi IV dan yang telah membantu terselenggarakannya acara ini Khususnya kepada Kawan-kawan DPM FIP”, tutur ichsan. Admin

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com