Breaking News

Sabtu, 31 Januari 2015

Profil

Gambar: Gd. PKMU

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Semoga Alloh SWT. Merahmati kita semua
Hidup mahasiswa !!!

Kampus dengan segala unsur yang ada didalamnya menjadi salah satu lembaga yang mempunyai tempat dimasyarakat. Banyak para pemimpin negeri-negeri didunia lahir dari suatu kampus. Tidak berlebihan kalau kampus merupakan kawah candra dimukanya calon penerus bangsa tersebut. Sehingga amatlah wajar bila mahasiswa, salah satu unsur terpenting kampus menjadikannya sebagai miniatur Negara. Dengan sebutan student government (pemerintahan mahasiswa) elemen mahasiswa berusaha mengatur diri dan warganya layaknya pemimpin-pemimpin kecil dalam suatu Negara.

Sebagai miniatur Negara, Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM KM) hadir ditengah - tengah system yang sedang bergulir dikampus tercinta ini. Sebagai penjelmaan rakyat (mahasiswa) kami akan berusaha semaksimal sesuai dengan kapasitas kita masing-masing. DPM KM berfungsi dan bekerja layaknya DPR di sistem pemerintahan Indonesia bisa dibilang serupa tapi tak sama. Akhirnya, hanya kepada Allahlah semuanya kembali, marilah kita jadikan hari esok supaya lebih baik dari hari ini, karena perubahan tak bisa dilawan, tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri. Dan sejarah mengajarkan kita untuk menjadi lebih bijak.

Dan kini di tahun 2015 DPM KM Unnes hadir dengan sedikit membawa perubahan strukur yang sedemikian rupa (lihat laman struktur). Anggota DPM KM Unnes merupakan wakil mahasiswa yang dipilih melalui pemilihan umum raya mahasiswa melalui fakultasnya masing-masing. Dalam mengaplikasikan kampus sebagai miniatur negara, DPM KM Unnes memiliki empat fungsi pokok, yaitu: pengawasan, advokasi, legislasi, dan anggaran. Fungsi pengawasan memposisikan DPM KM Unnes sebagai mitra kritis BEM KM Unnes dalam setiap kebijakannya. Fungsi advokasi mewadahi setiap anggota untuk mendengarkan suara mahasiswa di fakultasnya masing-masing, untuk ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Fungsi legislasi memfasilitasi DPM KM Unnes untuk membentuk undang-undang mahasiswa. Dan fungsi anggaran sebagai wujud persetujuan DPM KM Unnes terhadap rancangan anggaran yang diajukan oleh Presiden Mahasiswa.

Adapun VISI dan MISI DPM KM Unnes 2015 yakni;


Visi
Terwujudnya DPM KM Unnes sebagai lembaga legislatif profesional yang kredibel dalam mengemban tanggung jawab sebagai lembaga perwakilan mahasiswa.

Misi
1.      Mewujudkan kelembagaan DPM KM Unnes yang kokoh, aspiratif, responsif, akomodatif, dan mengakar.
2.      Mewujudkan penyelenggaraan fungsi legislasi yang mendukung sistem pemerintahan yang baik.
3.      Mewujudkan penyelenggaraan sistem pengawasan yang optimal, berkesinambungan, dan transparan dalam rangka terciptanya sistem kepemerintahan mahasiswa yang baik.
4.      Mewujudkan penyelenggaraan fungsi advokasi yang aspiratif.
5.      Mewujudkan penyelenggaraan fungsi anggaran yang akuntabel dan transparan.
6.      Mewujudkan tata kelola kedewanan yang baik dan terpercaya dalam pelaksanaan fungsi DPM KM.
7.      Mewujudkan citra DPM KM Unnes yang kuat melalui pelaksanaan fungsi dan wewenang yang efektif, efisien, dan berkualitas.
8.      Mewujudkan generasi legislator akademisi yang berkompeten dan berintegritas


Dan berikut struktur serta gambaran kinerja Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (DPM KM Unnes) ditahun 2015;
                                               
Pendamping (Ubaidillah Kamal, S.Pd., M.H.)

Ketua (Aziz Amrullah), Struktur fungsional tertinggi yang bertanggung jawab atas keberlangsungan kinerja DPM KM Unnes, dan berkoordinasi dengan Presidan dan Wakil Presiden Mahasiswa. Dibantu oleh dua wakil yakni Wakil I (M. Nur Shobroni) dan Wakil II (Iffah Salsabila) yang berfungsi menggantikan Ketua (apabila berhalangan), dan melakukan koordinasi Kementerian Koordinator.

Komisi I (Devi Riyawati, Riska Lidia dan M. Nur Shobroni) melakukan pengawasan terhadap Kementerian Advokasi dan Kesejahtaraan Mahasiswa, Kementerian Harmonisasi Kampus, Kementerian Konservasi, dan Dirjen Ngaliyan dan Tegal. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan fungsi legislasi DPM KM.

Komisi II (Farizal Ainur Akbar, Aprilia Kasanah dan Ibnu Romadhony), melakukan pengawasan terhadap Kementerian Hubungan Antar Kampus dan Instansi, dan Kementerian Pengabdian Masyarakat. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan fungsi advokasi DPM KM.

Komisi III (Arum Setyaningsih, Erna Sugiarti, Dini Irmawati, Rahma Isnani dan Hijrah Maulidiah Afifah). melakukan pengawasan terhadap Kementerian Pendidikan dan Keilmuan, Kementerian Olahraga dan Kesehatan, Kementerian Seni dan Budaya, Kementerian Kaderisasi Kebangsaan, dan Kementerian Kewirausahaan. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan fungsi anggaran DPM KM.

Komisi IV (M. Ichsan Nugroho W dan Iffah Salsabila), melakukan pengawasan terhadap Kementerian Aksi dan Propaganda, dan Kementerian Kajian Strategis. Bertanggung jawab terhadap media DPM KM sebagai informasi dan menjalin komunikasi baik dalam maupun luar kampus.

Badan Kehormatan (Aziz Amrullah, M. Nur Shobroni dan Iffah Salsabila), bekerja dalam bidan kontrol dan evaluasi lembaga dalam hal ini Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (DPM KM Unnes).

Alat Kelengkapan Lain   
Sekretariat Jenderal yang dikepalai oleh Sekretaris Jenderal (Aan Ikhsananto), bekerja dalam ranah administrasi dan kesekretariatan DPM KM Unnes membawahi Sekretaris (Bekerja dalam ranah administrasi dan kesekretariatan DPM KM Unnes), Bendahara (Bekerja dalam ranah keuangan dan anggaran DPM KM Unnes), PSDM (Bertanggung jawab terhadap pembinaan dan pengembangan potensi mahasiswa di bidang legislasi bagi internal DPM KM dan mahasiswa) dan Rumah Tangga Organisasi (Melakukan pengadaan, perawatan, dan penjagaan inventaris DPM KM Unnes).

Program Unggulan DPM KM Unnes 2015 ialah Program Pengawasan dan Penilaian Kebijakan dan Kinerja BEM KM Unnes (P3K2B), Program Legislasi Universitas (Prolegun), Program Anggaran BEM KM Unnes (Pang-B), Training Legislasi (TL), Sekolah Legislator Muda (SLM) dan Kajian Advokasi Legislasi Mahasiswa (Kalisma)

Demikian kiranya mengenai profil Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (DPM KM Unnes) ditahun 2015. Semoga dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dan mampu mewujudkan student goverment yang menjadi impian kita bersama.

Hidup mahasiswa !!!, viva legislativa !!!
Wassalmu’alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com