Breaking News

Kamis, 05 Maret 2015

DPM KM Unnes Menjadi KORWIL Dan Tim Konstitusi FL2MI

Mengingat pentingnya arah pergerakan dan peningkatan lembaga legislatif mahasiswa dalam mengawal laju perkembangan bangsa dan Negara dan dipersatukan atas keinginan untuk memajukan kepentingan, cita-cita, dan aspirasi bersama demi perbaikan dan sumbangsih untuk Indonesia maka dibentuklah forum yang mewadahi lembaga legislatif yang ada diseluruh Indonesia  yang bernama Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI).

Forum ini diwakili oleh ketua atau delegasi dari lembaga legislatif perguruan tinggi se-Indonesia. Salah satu permusyawaratan tertinggi dalam forum ini adalah Musyawarah Nasional (Munas) yang akan merefleksikan kembali perjalanan selama satu periode kepengurusan sekaligus merancang kembali arah gerak forum nasional ini untuk periode berikutnya.

Pada tanggal 24-28 Februari 2015 Musyawarah Nasional FL2MI kembali digelar dan dihadiri oleh 75 perguruan tinggi Indonesia bertempat di Universitas Esa Unggul Jakarta Barat oleh FL2MI wilayah Jabodetabek yang mengusung tema “Implementasi Konsep Representasi Anggota Legislatif dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”. Kegiatan ini diawali dengan diadakan Training Lagislatif Tingkat 3 yang menghadirkan pembicara dari kalangan DPR RI untuk memotivasi dan meningkatkan kapasistas anggota legislatif mahasiswa kemudian dilanjutkan dengan sidang-sidang FL2MI.

Sidang pertama adalah sidang pendahuluan yang membahas tentang tata tertib sidang yang akan dilakukan setelahnya. Sidang ini berjalan sangat dinamis layaknya sidang yang dilakukan oleh anggota DPR RI. Semua anggota legislatif mahasiswa aktif mengutarakan pendapatnya guna menghasilkan tata tertib sidang yang berkualitas. Sidang yang kedua adalah refleksi perjalanan FL2MI periode 2013-2014 oleh Delon Akbar Taradipa (Universitas Negeri Malang) dan Sabda M. Kholil (UIN Sunan Kalijaga) sebagai koordinator pusat FL2MI. dalam penyampaiannya perjalanan kali ini adalah perjalanan paling bersejarah dimana pada kesempatan ini mengusung persatuan tubuh FL2MI yang perjalanan sebelumnya mengalami kendala internal. Momentum besar ini sangat didukung oleh seluruh lembaga legislatif perguruan tinggi baik yang hadir maupun tidak. Manjadi tantangan dan peluang yang sangat besar bagi FL2MI untuk berkontribusi lebih bagi perbaikan dan kemajuan bangsa.

Musyawarah kali ini menetapkan Piagam dan AD/ART sebagai konstitusi Dasar sementara FL2MI yang ditetapkan melalui presidium tetap Munas yaitu Ariyanto Pamungkas (IPB), Arum Maulida (UMY), dan Arifin (UNITOMO) yang dipilih peserta Munas setelah pembahasan tata tertib sidang. Ditetapkannya konstitusi dasar tersebut menjadi arahan dasar pengambilan kebijakan FL2MI oleh pengurus pusat periode 2015-2016.

Dalam rangka merancang gerak FL2MI, sidang pleno selanjutnya adalah pemilihan koordinator pusat periode 2015-2016 dengan melalui 3 tahap. Tahap pertama adalah penjaringan bakal calon, pada tahap ini terjaring 10 bakal calon yang mengajukan diri dan diajukan oleh peserta lain. Bakal calon yang diajukan oleh peserta lain selanjutnya ditanyakan kesediaan pencalonan. Sehingga didapatkan 4 calon korpus yang berasal dari 2 calon pengajuan peserta dan 2 calon pengajuan diri. Tahap kedua adalah perkenalan dan tanya jawab calon, dan selanjutnya dilakukan musyawarah pertimbangan calon dari peserta dan tahap terakhir adalah pemungutan  suara dari masing-masing lembaga legislatif yang hadir di munas.  Sebelum pemungutan suara dilakukan penetapan nomor urut yaitu Zain (STTPLN) nomor urut 1, Irwan Mustofa (UNITOMO) nomor urut 2, Hikmatyar Abdul Aziz (UNS) nomor urut 3, dan Frangky (UNJA) nomor urut 4. Dari hasil pemungutan suara secara tertutup diperoleh suara untuk calon korpus berturut-turut 14, 4, 33, dan 5 suara dengan abstain 12 suara, sehingga ditetapkan Hikmatyar Abdul Aziz (UNS) sebagai Koordinator Pusat FL2MI periode 2015-2016. Dalam menjalankan tugasnya untuk mengkoordinasikan lembaga legislatif mahasiswa se-Indonesia seorang korpus dibantu oleh Koordinator Wilayah (Korwil) yang terbagi atas 15 wilayah FL2MI yaitu Aceh, Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jabodetabek, Bali, Nusa Tenggara, Jawa Tengah, Jawa Barat-Banten, Jawa Timur, DIY, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

Dalam pemilihan korwil FL2MI, Universitas Negeri Semarang (Aziz Amrullah, FMIPA 2011) dipercaya menjadi Koordinator Wilayah Jawa Tengah yang akan menjadi poros lembaga legislatif di Jawa Tengah. Hal ini menjadi sebuah prestasi bagi DPM KM Unnes tahun 2015 dalam kontribusinya ditingkat Nasional dalam ikut serta mengawal laju perkembangan bangsa dan Negara serta memajukan kepentingan, cita-cita, dan aspirasi demi perbaikan dan sumbangsih untuk Indonesia. Tidak hanya menjadi korwil, namun Universitas Negeri Semarang (M. Ichsan Nugroho, FH 2011) dengan kepakaran dibidang hukum, dipercaya  menjadi tim ad-hoc konstitusi yang bertugas untuk mempersiapkan Konstitusi Dasar dan Garis-garis Besar Haluan Kerja tetap FL2MI yang akan di Sidangkan dalam Musyawarah Luar Biasa (Muslub) di UIN Ar-Raniry Aceh pada bulan Mei mendatang. Selain itu, Musyawarah Kerja Nasional (Musykernas) FL2MI akan di gelar pada bulan dan tempat yang sama dengan penyelenggaraan Muslub. Adanya tim ad-hoc dan penyelenggaraan Muslub dan Musykernas ini menjadi rekomendasi yang menjadi akhir dari kegiatan Munas 2015.

Serangkaian Munas FL2MI tahun 2015 ditutup dengan melakukan Aksi Nasional yang mengusung tema “Kedaulatan Negara” atas kasus perpanjangan kontrak freeport dan revitalisasi teluk benoa Bali dan sebagainya. Dalam aksinya FL2MI menuntut kepada Presiden dan Wakil Presiden RI untuk mempertahankan kedaulatan NKRI dari kapitalisme para investor asing maupun borjuis asing yang telah menjajah dan menindas rakyat Indonesia. (AA)

Media Lain:
http://cahunnes.com/2015/03/dpm-km-unnes-ditunjuk-menjadi-korwil-jateng/

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com